[Review] MARCKS' Loose Powder

Loose powder fenomenal menurut saya, dengan banyaknya review, adalah Marcks' Loose Powder. Mama saya sempat pakai produk ini saat gadis, yang original. Dulu belum ada yang Venus dan Active.


Produk yang pertama saya pakai adalah Marcks' original, shade Creme. Lalu saat melihat Marcks Active shade Creme di minimarket, langsung beli, deh.

Dua-duanya punya 5 pilihan shade. Untuk Original: Invisible, Creme, Natural Beige, Rose, Putih. Sedangkan Active: Invisible, Creme, Natural Beige, Pink, White. Saya pernah coba yang invisible, tapi shade-nya terlalu gelap di kulit. Nah, kita review satu-satu, ya.

1. Bedak Marcks' Original (shade Creme)


♡ Ingredients:
Talc, Zea Mays Starch, Zinc Oxide, Zinc Stearate, Salicylic Acid, Fragrance, Cl 77492, CI 15985.

Price: Rp 13.000
Netto: 40 gram


♡ Cara menggunakan:
Sama seperti loose powder lain, bisa pakai kuas atau puff.


♡ Packaging:
Kemasan terbuat dari plastik berwarna putih. Lumayan bulky, tapi saya punya loose powder yang kemasannya lebih bulky daripada ini, hahaha. Di dalamnya ada tutup pembatas, jadi isinya nggak langsung berhambur saat tutup atas dibuka. Bisa untuk meletakkan puff juga. Btw, bedak ini tanpa puff bawaan, ya.

♡ Scent:
Aromanya agak strong kalau menurut saya. Tapi termasuk soft, untuk ukuran produk yang diproduksi pada era yang sama (biasanya aroma floral yang strooong banget). Ada yang bilang mirip bau bahan kimia. But trust me, saya bahkan nggak pernah menemukan bahan kimia dengan scent seperti itu saat praktikum organoleptik. Biasanya tanpa bau, pahit (senyawa Sianida), asam dan bau-bauan khas. Jadi ini memang aroma dari fragrance-nya. Yah, fragrance jelas terdiri unsur dan senyawa kimia sih, haha.

♡ Tekstur:
Powdery. Namanya juga loose powder. Biasanya harus menunggu 5 menit sih, sampai powder-nya terasa menyatu di kulit.

♡ Results:
Saya agak jarang pakai loose powder ini. Mungkin karena kulit sudah tidak berminyak seperti dahulu. Tapi saat produksi minyak sedang banyak-banyaknya, oil control-nya termasuk oke. Ada kandungan Salicylic Acid yang membantu mengatasi jerawat. Jerawat jadi cepat mengering. Sekarang kalau mau pakai, saya harus pakai moisturizer yang ekstra menghidrasi. Biar tidak terlalu kering di kulit.
Loose powder ini tidak meng-coverage sama sekali. Lebih cocok sebagai setting powder atau bedak untuk penyerap sebum.
Kalau saya pakai tiap hari, bikin kulit makin kering sampai mengelupas.

♡ Pros:
• Affordable
• Mudah didapat dimana saja
• Oil control-nya bagus, cocok untuk kulit berminyak
• Membantu mengatasi jerawat

♡ Cons:
• Terlalu powdery
• Wadahnya kurang menarik
• Kurang cocok untuk kulit kering
• Tidak coverage

Rate: 7/10
Repurchase: Maybe

2. Marcks' Active (shade Creme)


♡ Ingredients:
Talc, zea mays starch, zinc oxide, zinc stearate, fragrance, salicylic acid, Cl 77492, Cl 15985.



Price: Rp 27.000- Rp 35.000 
Netto: 20 gram

♡ Cara menggunakan:
Sama seperti loose powder pada umumnya, bisa pakai kuas atau tap-tap dengan puff.


♡ Packaging:
Kemasannya dari plastik bening dan tebal. Sepertinya akrilik. Tutup ulirnya berwarna kuning cerah. Ada sekat di bagian dalam dengan puff bawaan produk. Sekatnya terdapat lubang-lubang kecil. Ada boksnya, tapi sudah terbuang.
Kemasannya lebih cantik daripada yang klasik. Lebih mungil dan 'aman', karena tutup ulirnya. Jadi tidak mudah tumpah.


♡ Scent:
Aromanya mirip-mirip dengan yang klasik.

♡ Tekstur:
Walaupun komposisi sama, yang Active butirannya terasa lebih halus.


♡ Results:
Loose powder yang lumayan oke, untuk harga yang affordable. Butirannya terasa lebih halus, jadi lebih mudah diaplikasikan. Sayangnya, shade Creme ini terlalu kuning bagi kulit saya (yang klasik juga, sih). Karena undertone kulit saya itu 'cool'.
Puff bawaannya terlalu kasar di kulit. Nggak mau protes sih, karena sesuai dengan harganya. Produk ini juga tidak coverage.
Sama seperti Marcks' original, Marcks' Active juga membantu mengatasi jerawat pada kulit saya. Karena kandungan Salicylic Acid-nya.
Pada pict di atas, gambar sebelah kiri adalah saat loose powder diaplikasikan (tebal). Gambar kanan setelah membaur di kulit. Jadi menguning gitu. 

♡ Pros:
• Affordable
• Mudah didapat
• Lebih halus dibanding original
• Case lebih cantik
• Membantu mengatasi jerawat

♡ Cons:
• Kualitas puff kurang
• Tidak coverage

Rate: 8/10
Repurchase: Yes

Tambahan:
Kalau kalian suka dengan case Marcks Active, tapi merasa cukup mahal. Bisa menggunakan Marcks' Original sebagai refill, lalu dimasukkan dalam wadah Marcks' Active.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer